Pages

Selasa, 21 Agustus 2012

Solusi Cepat Mahir Komputer

Mengawali tahun pelajaran baru 2012 / 2013 Al-Iqbal Membuka Kelas Baru Kursus Komputer yang dikhususkan untuk Guru dan Tenaga Pendidikan.

A. Mengapa Guru dan Tenaga Pendidikan ?
Pada dunia pendidikan, salah seorang yang turut serta dalam maju atau tidaknya prestasi siswa adalah seorang guru, tuntas dan tidaknya materi, faham dan bingungnya siswa terhadap materi pelajaran juga tergantung dari guru.
Guru yang berkompeten baik, mampu menguasai materi dan mengelola kelas dengan baik apalagi ditunjang dengan tampilan yang familiar terhadap siswa, maka sampai kapanpun siswa akan mengenangnya. Namun sebaliknya, guru yang tidak mampu mengajar, tidak mampu menguasai kelas dengan baik, kurang disuka oleh siswa, bahkan seringkali menuai protes yang bisa berakibat pengurangan jam atau akibat lain yang lebih parah dari atasannya.
Karena itulah maka seorang guru dituntut untuk lebih maju, lebih bisa menyampaikan dan menguasai bagaimana tehnik-tehnik menyampaikan dan menyelenggarakan pembelajaran di kelas  dengan cara lebih baik lagi.

B. Manfaat Pembelajaran Berbasis ICT
  • Membuat konsep yang tadinya abstrak (sulit diterangkan) menjadi konkrit, misalnya menjelaskan sistem peredaran darah.
  • Membawa obyek yang berbahaya atau sukar didapat kedalam lingkungan belajar, seperti binatang buas, burung pinguin di kutub, lahar gunung berapi dsb.
  •  Menampilkan obyek yang terlalu besar, seperti Ka'bah, Cando Borobudur, kehidupan bawah laut dsb.
  • Menampilkan obyek yang tidak bisa dilihat oleh mata telanjang, seperti micro organisme, tata surya.
  • Mengamati gerakan yang terlalu cepat, sehingga bisa diperlambat, misalnya tehnik pengambilan gambar pada kamera
  • Memungkinkan keseragaman pengamatan  dan persepsi bagi pengalaman belajar siswa.
  • Mengembangkan motivasi belajar.
  • Menyajikan pembelajaran secara konsisten, akurat, berkwalitas serta dapat diulang-ulang sesuai dengan kebutuhan.
  • Menyajikan informasi belajar secara serempak baik lingkup sedikit maupun banyak, serta mengatasi batasan waktu.
Dari uraian diatas dapat kita ambil pengertian bahwa begitu pentingnya pembelajaran berbasis ICT pada era yang penuh persaingan seperti sekarang ini.

C. Apa yang harus dikuasi seorang Guru dan Tenaga Pendidikan ?
 Sebagai seorang guru ataupun tenaga pendidikan, kemampuan minimal yang harus dikuasai adalah pengetahuan tentang Internet dasar dan program Microsoft Office ( paling tidak Microsoft Office Word, Excel dan PowerPoint )

D.  Kenapa harus Kursus dan berapa lama waktu yang diperlukan ?
Sebenarnya banyak tempat, cara dan metode pembelajaran komputer, namun jalan pintas, kecepatan, ketepatan dan kesesuaian materi yang dipelajari oleh seorang guru dan tenaga pendidikan itulah yang kami sajikan. Kami akan menyampaikan materi kursus dalam 15 pertemuan ditambah bonus 3 pertemuan untuk workshop Internet Dasar yang kami berikan di awal kursus.
Karena itu tidaklah lama untuk bisa komputer hingga mampu menyelenggarakan dan mengelola pendidikan pada sekolah masing-masing. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar